Tengku Muhammad Fauzi Dinobatkan Sebagai Raja Metar Ke XI, Bergelar Al Muluk Akbar Shah

Tengku Muhammad Fauzi Dinobatkan Sebagai Raja Metar Ke XI, Bergelar Al Muluk Akbar Shah

MEDAN, Oxomedia- Perhelatan istiadat serah terima Pemangku Adat Kejeruan Metar Bilad Deli, Duli YM. Tengku Muhammad Fauzi, S.Kom, M.Hum sebagai Raja ke -XI Kejeruan Metar Bilad Deli berlangsung khidmat dan sukses, dilaksanakan di Gedung Labaika Jalan Platina 1 Titi Papan Medan Deli, Sabtu (5/2/2022).

Acara diawali pembacaan surat watikah oleh Tengku Muad Ibni Tengku Usman, dilanjutkan dengan penyerahan benda-benda pusaka Kejuruan Metar Bilad Deli, meliputi: Al Qur’an, Cap 8 (Delapan) Stempel dari Sultan Aceh, Pedang Ketaren kepunyaan Tuanku Samsu Tak’jib, dan Keris Tumbuk Lada kepunyaan Tuanku Djalaluddin.

Selanjutnya Raja Kejeruan Metar Bilad Deli T. Muhammad Fauzi mengangkat kaum kerabat dengan gelaran Datok dan Orang Kaya kepada masyarakat adat dan zuriat Kejeruan Metar Bilad Deli. Dilanjutkan Plpembacaan ikrar setia terhadap Kejuruan Metar Bilad Deli diwakili salah seorang dari Datuk yang telah di tabalkan.

Dalam kata sambutanya, Raja Metar Bilad Deli Ke-XI Duli Yang Mulia Tuanku Tengku Muhammad FAUZI S.kom, M.Hum gelar Al Muluk Akbar Shah berharap Agar seluruh perangkat adat Kejeruan Metar Bilad Deli bekerja dengan baik dan benar sesuai dengan jalurnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya, saling bersinergi dan memberikan edukasi kepada masyarakat adat kejuruan metar bilad Deli, untuk membangkitkan ekonomi, pendidikan, agama, sosial dan budaya.

Kemudian Raja Metar Bilad Deli ke-XI memberikan Sidjil kepada masing masing yang telah diberi gelar. Acara serah terima ditutup dengan pembacaan doa dan sholawat oleh Tuan Imam kejuruan metar bilad Deli.

Selanjutnya acara tepung tawar terhadap Raja Metar ke-XI dilakukan oleh Perwakilan Raja Asahan, Serdang, Sultan Aceh serta Kejeruan dan Kedatukan yang ada di tanah Deli

Baca Juga :  Bantu Ponpes Rp500 Juta, Gubsu Edy: Isi Al Qur'an di Kepala Anak

Kejuruan Santun Sri Diraja Serba Jadi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas penganugerahan gelar Raja ke -XI Kejuruan Metar Bilad Deli YM.Tengku Muhammad Fauzi S.kom.M.Hum serta menghimbau agar para Kejuruan dan Kedatukan jika membuat acara pagelaran serupa hendaknya dilaksanakan di tempat terbuka bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan menyaksikan bahwa sejak dahulu di tanah Deli ini terdapat raja-raja dan kedatukan.
Pemangku Serba Jadi mengatakan bahwa asal muasal mereka dari Raja Denai, dan Metar Bilad Deli adalah abang tertua mereka.

Sementara lainnya Tengku Sri Maharaja Ramunia, Haji Hermansyah., MAP mengucapkan selamat atas pengukuhan Raja Metar Bilad Deli ke-XI “semoga dengan di daulatnya Raja Metar dapat mengangkat kembali kejayaan Melayu,” katanya.

Tengku Haji Hermansyah juga bertutur tentang asal usul Raja Ramunia yang berasal dari anak Raja Serdang ke-III Wilayahnya meliputi , Batang Kuis, Aras Kabu, Kuala namu (keramat Udang), dan Beringin.

Kata sambutan terakhir dilakukan oleh Utusan Kesultanan Aceh dengan ucapan selamat atas penobatan raja Metar Bilad Deli ke-XI, Ia mengajak raja- raja untuk menghidupkan kembali peran Raja di Nusantara.

Peran Raja dan Masyarakat Adat dalam Pembangunan

LA Nyalla Mattaliti, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam kesempatan audiensi masyarakat adat nusantara dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor pada Januari lalu menyampaikan raja-raja Nusantara menyampaikan bahwa penjabaran terhadap Pasal 18 UUD NKRI 1945 tentang Pengakuan NKRI terhadap raja-raja, sultan, dan tokoh-tokoh adat itu dihidupkan kembali.

kata La Nyalla, raja-raja nusantara juga dapat membantu pemerintah untuk ikut menyejahterakan masyarakat adat yang terdapat di Indonesia dengan menggali kekayaan alam di wilayahnya.

(DtkNizar/TIM)

Komentar Anda

Humaniora Peristiwa