Silaturahim 360 Derajat, Demokrat Sumut Siap Tampung Aspirasi Umat Hindu

Silaturahim 360 Derajat, Demokrat Sumut Siap Tampung Aspirasi Umat Hindu

MEDAN, Oxomedia- Agenda Silaturahim 360 Derajat DPD Partai Demokrat Sumatera Utara masih terus berlanjut. Kemarin, Rabu 23/3/2022) Ketua DPD Partai Demokrat terpilih Muhammad Lokot Nasution menyambangi Persadaan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumut dan Kota Medan.

Dalam pertemuannya, PHDI menitip aspirasi tentang kehidupan beragama di Sumut.

Lokot Nasution diterima Ketua PHDI Sumut, Surya dan Ketua PHDI Kota Medan, Matha Riswan. Alumni SMA 3 Medan tersebut menyampaikan, kehadirannya ke PHDI Sumut dan Kota Medan adalah perintah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Tidak usah cerita soal keberagaman di Sumut, sudah selesai itu semua. Sumut adalah miniatur kemajemukan di Indonesia. Semua ada di sini. Ada Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Serta beragam suku, ada Batak Toba, Mandailing, Jawa, Padang, Karo, Pakpak, Batak Simalungun, Minang, Melayu, Aceh dan Tamil. Saya tegaskan, dan ini amanat Ketum AHY, Partai Demokrat adalah rumah bagi seluruh kelompok. Semua orang dapat menjadi apa pun yg dicita-citakan tanpa melihat suku, agama dan ras,” papar Lokot Nasution.

Lokot Nasution juga menjelaskan tidak ada minoritas dan mayoritas di partai yang didirikan Pak SBY. Sehingga semua kader terbaik memiliki peluang yang sama melaju ke jalur legislatif maupun eksekutif.

“Sehingga kita semua memiliki keterwakilan yang sama untuk mewujudkan kebersamaan dan merawat keberagaman,” tegasnya.

Ketua PHDI Kota Medan, Matha Riswan M. Psi menyambut baik kehadiran Ketua DPD Partai Demokrat Sumut. Kehadiran Lokot Nasution merupakan kehormatan bagi PHDI Kota Medan.

“Kami sangat berharap pada masa akan datang, tidak ada lagi sekat mayoritas dan minoritas. Semoga kita semua bisa berbaur dengan keberagaman ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Hari Ini, Kejati Sumut Jalankan Sejumlah Rapat Mediasi

Ketua PHDI Sumut, Surya, menambahkan, Ketua Partai Demokrat Sumut merupakan ketua partai pertama yang berkunjung ke PHDI. Sehingga, pada kesempatan ini menjadi momen yang pas menyampaikan segala hal tentang umat Hindu di Sumut.

Menurut data, umat Hindu di Sumut berjumlah sekitar 50 ribu orang dan tersebar di 14 kabupaten/kota. Menurut Surya, dari 50 ribu umat Hindu tersebut tersebar ke dalam suku Tamil, Jawa, Bali dan lainnya. “Jadi, sangat beragam. Walaupun jumlah penganut Hindu di Sumut minoritas, kami juga berasama dalam keberagaman,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ada beberapa aspirasi seperti kegiatan keagamaan Thaipusam dan Devawali, sejak tahun 2019 sudah tidak ada lagi di Kota Medan. Karena tidak ditampung APBD. Meski untuk Kota Medan masih ada bantuan dana hibah.

“Kami sangat berharap, Partai Demokrat Sumut bisa menerima aspirasi suara kami ke Pemprovsu melalu wakilnya di DPRD Sumut. Kami sangat berharap ada dana hibah kepada kami, sehingga kegiatan keagamaan bisa terus terlaksana,” katanya.

Lokot Nasution menyampaikan, siap menampung dan memperjuangkan aspirasi PHDI. “Di sebelah saya ini ada anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Demokrat, Bapak Santoso. Saya instruksikan untuk membantu saudara-saudara kita umat Hindu,” tegas Lokot Nasution.

Ketua DPD Partai Demokrat Lokot Nasution ke PHDI ditemani sejumlah kader Partai Demokrat. Di antaranya Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution, anggota DPRD Sumut Santoso, Ketua DPC Binjai HM Sajali, Yudha Johansyah, Chairil Hudha, Pangeran dan Anggi Maisarah Tanjung.

Usai pertemuan, Lokot Nasution dikalungi kain kebesaran Hindu yang merupakan kain suci untuk tamu kehormatan. (*)

Komentar Anda

Peristiwa Polhukam