Bobby Nasution Beri Bantuan Modal Usaha Olahan Laut untuk Para Isteri Nelayan

Bobby Nasution Beri Bantuan Modal Usaha Olahan Laut untuk Para Isteri Nelayan

MEDAN, Oxomedia- Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan sejumlah bantuan untuk pelaku UMKM khususnya klaster usaha olahan hasil laut di halaman Kantor Lurah Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (31/3). Bantuan yang diberikan atas kerjasama dengan Bank BRI ini merupakan bentuk komitmen Pemko Medan dalam mendukung para pelaku UMKM agar dapat naik kelas guna meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat nelayan.

Selain memberikan bantuan untuk klaster usaha olahan hasil laut berupa peralatan senilai Rp 125.000.000, Bobby Nasution juga menyerahkan bantuan 100 paket pendidikan berupa peralatan sekolah untuk anak-anak masyarakat Nelayan. Disamping itu Bobby Nasution juga menyerahkan sertifikat pendamping UMKM, penyerahan kartu Kusuka dan menyerahkan secara simbolik kepada penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dikatakan Bobby Nasution, dalam mengembangkan UMKM, Pemko Medan telah bekerjasama dan menggandeng sejumlah stakeholder, sebab peningkatan UMKM juga merupakan tanggung jawab bersama. Selain itu pengembangan dan peningkatan UMKM juga merupakan salah satu janji kampanye yang harus direalisasikan. Seperti hari ini bekerjasama dengan BRI, Pemko Medan memberikan sejumlah bantuan untuk masyarakat nelayan yang ada di Kecamatan Belawan.

Bobby Nasution menambahkan dirinya sudah hadir untuk kedua kalinya ke Bagan Deli ini. Selain berkolaborasi membantu para nelayan yang tergabung dalam KNTI, Bobby Nasution juga menginginkan Pemko Medan untuk membantu ibu-ibu yang merupakan istri para nelayan dengan mendorong untuk membuat usaha. Bagi yang telah memiliki usaha Pemko Medan akan melakukan pembinaan untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat menaikkan produksi yang juga akan berdampak untuk meningkatkan perekonomian.

“Fokus Pemko Medan adalah membantu ibu-ibu untuk dapat berusaha dan menghasilkan pendapatan yang dapat membantu perekonomian keluarga. Oleh karena itu kemarin kita dorong ibu-ibu istri para nelayan ini untuk membuka usaha dan mengembangkan usahanya, Alhamdulillah hari ini terealisasi kita membantu ibu – ibu disini untuk mengembangkan usahanya,” Kata Bobby Nasution.

Baca Juga :  Peringatan Nuzulul Qur'an, Bobby Nasution Harap Kandungan Al Qur'an Dapat Diimplementasikan Dalam Kehidupan

Bobby Nasution juga menanyakan kepada salah satu penerima bantuan apakah benar-benar ibu- ibu mendapatkan bantuan dan pelatihan maupun didatangi langsung Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan guna dilakukan pembinaan terhadap usahanya.

“Ibu- ibu yang kemarin saya janjikan beri bantuan dan saat ini sudah terealisasi boleh angkat tangan, bener ya buk sudah pernah didatangi dan dilatih serta mendapatkan bantuan. Kalau bener siapa nama Kadis Koperasi dan  UKM  buk?,” Tanya Bobby Nasution kepada penerima bantuan.

Salah satu penerima bantuan, mengungkapkan bantuan yang diterima ini berawal dari kegiatan rembuk Nelayan bersama pak Wali Kota beberapa waktu lalu. Dirinya menjelaskan keluhan dan permintaan kami ibu-ibu para istri nelayan langsung ditanggapi oleh pak Wali Kota.

“Setelah pertemuan tersebut dengan proses begitu cepat kami mendapatkan pelatihan dan pembinaan. Hari ini kami diberi bantuan alat-alat untuk pengolahan yang dapat mendukung usaha olahan ikan hasil laut yang kami jalankan. Kami sangat berterima kasih dengan perhatian dan kepedulian pak Wali Kota dan respon cepat yang diberikan kepada kami. Semoga kedepannya nelayan dan kami pada istri dapat terus diperhatikan dan dibina untuk dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” Jelasnya.

Selanjutnya ada yang menarik dalam pemberian bantuan kepada UMKM khususnya klaster usaha olahan ikan. Disaat Bobby Nasution hadir, wilayah tersebut mengalami musibah banjir rob. Bobby Nasution pun menyinggung mengenai kondisi banjir rob yang terjadi bertepatan dalam acara pemberian bantuan UMKM.

“Kita lihat bersama kondisi hari ini di tempat ini sedang terjadi pasang rob. Kegiatan bantuan UMKM, kayaknya sengaja dibuat disini biar pas jadwal pasang, jadi biar Wali Kota nya bisa merasakan pasang di Bagan Deli,” Ujar Bobby Nasution sembari mengungkapkan setelah kegiatan ini  akan keliling meninjau banjir rob.

Baca Juga :  Lantik 82 Pejabat Administrator dan Pengawas, Bobby Nasution Ingatkan Pelayanan Harus Dirasakan Masyarakat

Usai memberikan bantuan, Bobby Nasution meninjau ke stand yang menampilkan hasil olahan ikan yang merupakan usaha para pelaku UMKM. Bobby Nasution pun memborong makanan tersebut dan membagikannya kepada warga sekitar Bagan Deli.

(TIM/Rel)

Komentar Anda

Ekonomi Humaniora