Pemko Medan Akan Bangun Tanggul untuk Minimalisir Banjir Rob di Medan Utara

Pemko Medan Akan Bangun Tanggul untuk Minimalisir Banjir Rob di Medan Utara

MEDAN, Oxomedia- Di tahun 2022 ini, Pemko Medan akan membangun tanggul guna meminimalisir banjir rob yang melanda kawasan Medan bagian Utara. Guna merealisasikannya, Pemko Medan akan berkolaborasi dengan Pemprov Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perumahan dan Permukiman Rakyat (PUPR) RI.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menyerahkan bantuan bagi UMKM di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (31/3). Bobby mengungkapkan, penanganan banjir rob di kawasan Medan bagian Utara menjadi janjinya saat kampanye lalu. Untuk itu, menantu Presiden Joko Widodo ini akan berupaya untuk merealisasikannya.

“Melalui OPD (Dinas Pekerjaan Umum) akan kita upayakan penyelesaian masalah banjir ini. Maka dari itu, kita akan bangun tanggul rob di kawasan Medan bagian Utara. Mudah-mudahan memberi efek bagi kawasan Bagan Deli,” kata Bobby Nasution.

Setelah menjabat sebagai Wali Kota, sambung Bobby Nasution, dirinya bersama Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, bukan bermaksud lepas tangan dalam penanganan banjir di kawasan Medan bagian Utara. Hanya saja, ungkapnya, Pemko Medan butuh waktu menyelaraskan program dengan Pemprov Sumut dan Kementerian PUPR.

“Butuh waktu untuk menyelaraskan program agar berjalan baik. Jadi, kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat. Insya Allah, tahun ini akan kita bangun tanggul untuk mengatasi banjir rob tersebut,” tambahnya.

Seraya menanti pembangunan tanggul, Bobby Nasution memaparkan, Pemko Medan saat ini fokus dalam pembersihan ruas aliran Sungai Deli. Dikatakannya, pembersihan akan dimulai dari hulu. “Kita bekerja dengan berkolaborasi. Kami juga sudah minta bantuan TNI dan Polri untuk ikut serta membantu. Mudah-mudahan pembersihan Sungai Deli bisa berdampak ke kawasan Bagan Deli,” harapnya.

Baca Juga :  Tindaklanjuti Laporan Warga, Kecamatan Medan Selayang Bongkar Bak Sampah Tutupi Parit

Usai penyerahan bantuan UMKM, Bobby Nasution selanjutnya berkeliling menyusuri kawasan sekitar Jalan Raya Bagan Deli yang sudah digenangi banjir. Seraya meninjau, Bobby juga menyapa masyarakat yang memanggilnya dan menyampaikan sejumlah keluhannya. Di sela-sela peninjauan yang dilakukan, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu juga mengunjungi PAUD Fitri yang memberlakukan pembayaran SPP menggunakan sampah bagi anak-anak yang tinggal di kawasan tersebut.

(TIM/Rel)

Komentar Anda

Humaniora Lingkungan