Di Kantor Gubsu, Pemko Medan dan 13 Kabupaten/Kota Tandatangani Nota Aktualisasi Nilai Pancasila

Di Kantor Gubsu, Pemko Medan dan 13 Kabupaten/Kota Tandatangani Nota Aktualisasi Nilai Pancasila

MEDAN, Oxomedia- Pemko Medan mendukung penuh aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Kota Medan. Diharapkan, nilai-nilai Pancasila yang menjadi falsafah negara dapat menjadi semangat penggerak bagi masyarakat untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa, terutama  dalam mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

Dukungan ini diwujudkan lewat Penandatanganan Nota Kesepahaman Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI dengan Pemerintah Provinsi Sumut dengan 14 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara di Aula Tengku Rizal Nurdin Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (1/4). Penandatanganan dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H Aulia Rachman.

“Sebagai pilar ideologi negara, nilai-nilai Pancasila haruslah tertanam dalam diri setiap warga negara, terutama masyarakat Kota Medan. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila menjadi motor penggerak bagi kita dalam berkontribusi sekaligus pedoman dalam hidup berbangsa dan bernegara, khususnya di Kota Medan yang kita cintai,” kata Aulia Rachman.

Selain Aulia Rachman, penandatanganan Nota Kesepahaman juga dilakukan 13 kepala daerah lain di Sumut yakni Deli Serdang, Binjai, Karo dan Simalungun. Lalu, Pakpak Barat, Asahan, Labuhan Batu, Batu Bara serta Padang Lawas Utara. Kemudian, Toba, Samosir, Tapanuli Utara juga Tapanuli Selatan.

Di samping penandatanganan Nota Kesepahaman, acara juga dirangkai dengan Deklarasi Jejaring Panca Mandala (JPM).  Forum ini diinisiasi oleh komponen masyarakat yang bersifat sukarela dan berdasar kesamaan tujuan anggota (komunitas/unsur/komponen masyarakat lainnya) untuk ikut berperan menanamkan nilai-nilai Pancasila di daerah masing-masing. Untuk Kota Medan, JPM dinamakan JPM Medan Berkah.

Komentar Anda

Baca Juga :  Yayasan MASI Apresiasi Walikota Medan, Dorong Perbaikan Sanitasi Dasar Madrasah dan Sekolah
Humaniora Peristiwa