Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Lansia, Kelurahan Polonia Hadirkan Layanan “Modus”

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Lansia, Kelurahan Polonia Hadirkan Layanan “Modus”

MEDAN, Oxomedia- Peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat menjadi salah satu dari lima program prioritas yang dicanangkan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution. Di masa kepemimpinanya Bobby Nasution ingin agar tingkat kesehatan masyarakat kota Medan semakin meningkat. Untuk itulah Bobby Nasution meminta seluruh jajaran Pemko Medan agar terus berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kota Medan.

Atas dasar itulah Kelurahan Polonia meluncurkan program inovasi yang diberi nama “Modus” atau “Motor Posyandu Lansia”. Inovasi ini memudahkan masyarakat khususnya para lansia untuk datang ke Posyandu Lansia guna memeriksakan kesehatan nya secara rutin.

Lurah Polonia Hadi Wahyudi Harahap menjelaskan di kelurahan polonia terdiri dari 13 lingkungan dan hanya ada 1 posyandu lansia yaitu di lingkungan 11, oleh karena itu Kelurahan Polonia berkolaborasi bersama TP PKK Kelurahan Polonia dan Puskesmas Polonia berinovasi menciptakan program Modus (Motor Posyandu Lansia). Inovasi ini memberikan pelayanan yang memudahkan lansia untuk hadir di Posyandu lansia tersebut dengan cara dijemput langsung oleh kader-kader PKK Kelurahan Polonia dengan menggunakan sepeda motor yang telah disediakan.

“Jadi kader kami secara sukarela menjemput para lansia dirumahnya masing-masing untuk langsung dibawa ke Posyandu lansia, seperti yang kita tahu disamping lokasi nya jauh dari lingkungan lain, ada juga keterbatasan tenaga mereka (lansia) untuk hadir ke lokasi posyandu. Sehingga dengan adanya inovasi ini dapat menarik kemauan para lansia untuk turut hadir dilokasi posyandu lansia tersebut sehingga kegiatan posyandu lansia kita berjalan dengan baik.” Kata Lurah Polonia Hadi Wahyudi Harahap didampingi Ketua TP PKK Kelurahan Polonia Fani Hadi Wahyudi Harahap pada saat meninjau pelayanan Posyandu lansia, Rabu (25/5).

Baca Juga :  Sosialisasi Pencegahan Hepatitis Akut dengan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir

Sementara itu Ketua TP PKK Kelurahan Polonia Ny. Fani Hadi Wahyudi Harahap berharap program inovasi ini dapat menjangkau seluruh lansia yang ada di Kelurahan Polonia sehingga para lansia dapat menikmati program “modus” ini.

“Kami berharap program ini dapat dinikmati sehingga kesehatan para lansia kita dapat termonitor dengan baik guna mewujudkan kota Medan yang semakin sehat.”harapnya.

Inovasi modus yang diluncurkan Kelurahan Polonia ini juga mendapat apresiasi dari Ketua TP PKK Kecamatan Medan Polonia Ny. Tjahyati A. Muhzi yang mengapresiasi dengan adanya program modus tersebut. Dirinya berharap inovasi seperti ini dapat menjadi contoh bagi Kelurahan lainya di Kecamatan Medan Polonia.

“Kami terus mendukung dan menyetujui setiap inovasi yang diluncurkan Kelurahan seperti inovasi modus, ini contoh yang positif dalam memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Saya harap ini menjadi motivasi bagi kelurahan lainnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.”harap Tjahyati A. Muhzi yang hadir bersama Wakil Ketua TP PKK Kec. Medan Polonia Ny. Syamsiah Hafiz Rambe.

Ditempat yang sama Kepala Puskesmas Polonia Dr. Asni Novita Harahap mengatakan Posyandu lansia ini diadakan setiap bulanya di masing-masing Kelurahan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat dan tekanan darah.

“Selain pemeriksaan kesehatan tersebut kami juga melakukan edukasi dan konseling kesehatan serta secara rutin memberikan multivitamin kepada masyarakat.”sebutnya.

 

(TIM/Rel)

Komentar Anda

Humaniora Peristiwa