Rico Waas Resmi Jabat Ketua DPW Garpu Sumut

Rico Waas Resmi Jabat Ketua DPW Garpu Sumut

 Garpu akan Selalu Beriringan dengan Partai

Oxomedia, Medan – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) resmi melantik Rico Waas menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Garpu Provinsi Sumut, Kamis (25/8/2022). Acara dilaksanakan di Gedung Auditorium DPW Partai NasDem Sumut Jalan Prof HM. Yamin, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur.

Pelantikan dipimpin Ketua Umum DPP Garpu, Pietra M. Paloh didampingi Sekretaris Jenderal Husendro S.H.,M.H. Usai dilantik, pengurus DPW Garpu Sumut melantik pengurus DPD Garpu di enam kabupaten/kota.

Ketua DPW Garpu Sumut, Rico Waas menyampaikan, pelantikan Garpu hari ini bukan hanya sekedar menambah sayap dan eksistensi partai. Namun, kegiatan ini sebagai tiang pancang dalam kerja sosial dan program politik Partai NasDem ke depannya. Garpu ingin berkontribusi memajukan pedagang dan UMKM di Sumut.

Garpu Sumut berkomitmen untuk memajukan, memperkuat dan melindungi UMKM melalui advokasi, pendampingan dan pelatihan. Garpu pun ingin mereka menuju revolusi industri 4.0, masuk ke dunia digital dalam mengembangkan usahaya.

“Melalui arahan DPP Garpu, program ini akan kita kembangkan di Sumut. Dan pelan-pelan kita mendampingi mereka (UMKM) masuk ke dunia marketplace. Sebab, ini akan membuka pintu-pintu baru yang lebih menguntungkan para pelaku usaha tersebut,” kata Rico saat memberikan kata sambutan usai dilantik.

Rico menegaskan bahwa keputusannya bergabung di Garpu tidak semata-mata hanya mengejar jabatan ataupun eksistensi bahkan gerak-gerik politik yang berujung pragmatisme. Tapi dia mengaku melakukannya karena ingin berkotribusi mengembangkan partai melalui jalur pedagang dan UMKM.

“Maka dari itu saya pastikan, berjalannya Garpu akan selalu beriringan dengan partai. Kami tidak akan bertanya apa yang partai berikan kepada Garpu. Apa yang partai lakukan untuk Garpu. Tapi, kami akan berikan seluruh daya upaya dan kerja nyata untuk Partai NasDem,” ucapnya tegas yang disambut langsung tepuk tangan seluruh kader.

Baca Juga :  Elektabilitas Moeldoko 0 Persen

“Sekali lagi saya tekankan, Garpu adalah bagain dari Partai Nasdem. Dan NasDem itu sendiri adalah jiwa dari Garpu,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPW Partai NasDem Sumut Iskandar, ST mengatakan, dirinya yakin dan percaya pelantikan ini bukan hanya sekedar acara serimonial. Tapi lebih penting dari itu, ini adalah amanah yang diberikan Ketua Umum DPP Garpu dan Partai NasDem, untuk Garpu Sumut bergerak membantu para pedagang dan UMKM agar mandiri supaya bisa memberikan kontribusi yang besar bagi  perekonomian Indonesia.

“Kita yakin dan percaya pedagang dan UMKM ini merupakan tulang punggung ekonomi. Sebab, saat krisis moneter pada 1998, ketika banyak perusahaan tutup dan sulit melaksanakan perputaran usahanya, ternyata yang menjadi tulang punggung bagi negara adalah UMKM,” ujar Iskandar

Menurut Iskandar, pelantikan Garpu hari ini merupakan perluasan basis massa yang merupakan salah satu strategi partai untuk mencapai kemenangan. Sebab, UMKM di Sumut ada sekitar 2,8 juta orang. Artinya, kalau pengurus Garpu bisa merekrut 20 persen atau 560 ribu pedagang dan UMKM. Ditambah keluarga dan karyawannya, maka NasDem dipastikan akan menjadi partai pemenang di 2024.

Akan tetapi, sambung Iskandar, pembentukan Garpu ini tidak hanya semata-mata dalam rangka memperluas basis massa pemilih NasDem. Namun, ada yang lebih penting dari pada itu, Garpu diharapkan menjadi garda terdepan untuk membina, melindungi para pedagang dan UMKM.

“Sekarang mereka banyak yang bekerja masih secara informal. Banyak yang belum memiliki NIB. Jadi, tugas Garpu nanti membantu mereka menyiapkan NIB-nya. Partai NasDem, terutama Garpu, saya intruksikan untuk segera memberdayakan pedagang dan UMKM,” kata Iskandar.

Selain itu, Iskandar memerintahkan Garpu untuk segera membuat pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas produk, pengemasan, cara pemasarannya. Kemudian, managemen keuangan, keramah-tamahan memasarkan produk dan mereka harus mempunyai dasar hukum dalam berusaha.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan MW KAHMI dan Forhati Sumut 2021-2026

“Lebih penting daripada itu, saat ini sudah jamannya digitalisasi. Maka Garpu harus berada di garis paling depan memberikan pelatihan-pelatihan supaya UMKM kita bisa malakukan pemasaran maupun promosi di dunia maya,” ucap Iskandar menutup kata sambutannya.

Pelatikan Garpu Sumut yang diketui oleh Rico Waas, Fikri Fauzi sebagai sekretaris, Darius Univa sebagai bendahara dan para pengurus lainnya turut dihadiri Ketua DPW Partai NasDem Iskandar ST, Ketua Bappilu NasDem Sumut H. Salman Ginting, Dewan Pakar NasDem Sumut, Rahunman Harahap, Dewan Pakar Garpu Melkhy Waas dan pengurus DPW lainnya. Selain itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, perwakilan Kejaktisu, Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, anggota DPRD Sumut Dimas Tri Adji dan dr. Mustafa Kamil Adam Sp,PD.

Selanjutnya, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Medan, Afif Abdillah. Ketua DPD NasDem Sergai Drs. Joni Walker Manik didampingi sekretaris Ali Amran dan pengurus DPD NasDem lainnya. Kemudian Ketua DPW Garda Sumut, Defri Noval Pasaribu, Ketua DPW Garnita Sumut, Dr. Ade Sandrawati Purba, Ketua BAHU DPW NasDem Sumut, Arrifani SH, para kader Partai NasDem dan pengurus DPD Garpu di enam kabupaten/kota yang akan dilantik oleh DPW Garpu Sumut. (BOB/REL)

Komentar Anda

Peristiwa